Universitas Negeri Manado Buka Jalur Rekognisi Pembelajaran Lampau

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on pinterest
What they say
Subscribe Newsletter

Integer posuere erat a ante venenatis dapibus posuere velit aliquet sites ulla vitae elit libero 

Berdasarkan Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, Permendikbud Ristek Nomor 41 Tahun 2021 Tentang Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL) yang dimaksud adalah pengakuan atas capaian pembelajaran seseorang yang diperoleh dari pendidikan formal, nonformal, informal, dan/atau pengalaman kerja sebagai dasar untuk melanjutkan pendidikan formal dan untuk melakukan penyetaraan dengan kualifikasi tertentu.

Dinyatakan dalam Peraturan Mendikbud Ristek atau Permendikbud Ristek Nomor 41 Tahun 2021 Tentang RPL (Rekognisi Pembelajaran Lampau) bahwa Penyelenggaraan RPL meliputi: RPL untuk melanjutkan pendidikan formal; dan RPL untuk melakukan Penyetaraan dengan Kualifikasi tertentu. RPL untuk melanjutkan pendidikan formal meliputi: melanjutkan pendidikan formal pada SMK dan melanjutkan pendidikan formal pada Perguruan Tinggi.

Universitas Negeri Manado (Unima) pun mulai menerapkan pembelajaran Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL). Dimana, program RPL ini diperuntukkan bagi para praktisi di berbagai bidang yang mempunyai pengalaman selama puluhan tahun.

Adapun, Unima menerapkan RPL Tipe A untuk 4 jenis:

  1. Lanjut Jenjang, diperuntukkan bagi pendaftar untuk menempuh studi pada jenjang yang lebih tinggi dari yang sudah ditempuh sebelumnya;
  2. Lintas bidang, diperuntukkan bagi pendaftar untuk mendapatkan gelar akademik/keahlian kedua pada jenjang yang sama dengan program studi yang berbeda;
  3. Pindahan, diperuntukkan bagi pendaftar yang berasal dari Perguruan Tinggi Iain untuk melanjutkan studi di Unima sesuai dengan jenjang dan jenis program studi; dan
  4. Re-Entry, diperuntukkan bagi pendaftar yang mendaftar kembali pada program studi yang sama/relevan di Unima saat status kemahasiswaannya terhenti (drop out).

Untuk pascasarjana, terdapat 7 program studi yang membuka penerimaan mahasiswa jalur RPL yakni

Untuk pendaftaran, calon mahasiswa RPL di silahkan untuk masuk ke portal http://rpl.unima.ac.id/ dan akan diminta untuk mengisi/ melengkapi data. Untuk upload unggah data sebaiknya menggunakan laptop/ komputer. Dengan catatan untuk mengingat email yang anda gunakan dan menghafal password anda. (Admin)

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on pinterest

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

4 + six =