• Matani, Tomohon
  • +6285696322379

SEKILAS TENTANG PROGRAM PASCASARJANA UNIMA

Foto_Ujian002
Foto_Ujian001
Foto_GedungPPS

Program Pascasarjana (PPs) Universitas Negeri Manado (Unima) diselenggarakan atas dasar komitmen dan tanggung jawab untuk memberikan kontribusi dalam (1) memajukan, mengembangkan dan menerapkan ilmu pengetahuan, teknologi olahraga dan seni sesuai dengan tuntutan dan kebutuhan masyarakat di era persaingan global; dan (2) menyediakan layanan untuk menghasilkan pendidikan akademik yang bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, bersikap kritis, transparan, akuntabel, jujur, memiliki komitmen untuk merespon permasalahan kehidupan dalam masyarakat dan perkembangan pendidikan dengan dilandasi budaya kerja, menghargai belajar, obyektif, tanggung jawab, kreatif dan nilai-nilai keadilan, kedamaian dan kesatuan dalam melaksanakan Tridharma Perguruan Tinggi.

Program Magister (S2) PPs Unima secara utuh dibuka berdasarkan Surat Keputusan Rektor IKIP Manado Nomor: 2279/PT08.H/C/1995 tanggal 21 Juni 1995 tentang Penyelenggaraan Program Pascasarjana IKIP Manado (sekarang Unima) kemudian diganti dengan Surat Keputusan Rektor IKIP Manado Nomor: 0575/KO2/PP/99 tanggal 18 Februari 1999 tentang Pembentukan/Pembukaan Program Pascasarjana dan Pengangkatan Pimpinan Masa Bakti 1999-2003.

Sampai saat ini, PPs Unima telah menyelenggarakan 14 program studi mandiri yaitu: Program Studi S3 Manajemen Pendidikan, Program Studi S2 Pendidikan Bahasa Indonesia, Program Studi S2 Manajemen Pendidikan, Program Studi S2 Administrasi Negara, Program Studi S2 Biologi, Program Studi S2 Pendidikan IPA, Program Studi S2 PGSD, Program Studi S2 Pendidikan IPS, Program Studi S2 Ilmu Kimia, Program Studi S2 Pendidikan Matematika, Program Studi S2 Pendidikan Bahasa Inggris, Program Studi S2 Pendidikan Olahraga, Program Studi S2 Pendidikan Ekonomi, serta Program Studi S2 Pendidikan Teknologi dan Kejuruan.

KOMPETENSI LULUSAN

Kompetensi lulusan PPs Unima meliputi kompetensi lulusan Program Magister dan Program Doktor.

Kompetensi Lulusan Program Magister

Lulusan Program Magister diharapkan memiliki kompetensi sebagai berikut.

  1. Menerapkan dan mengembangkan ilmu pengetahuan dan/atau teknologi di bidang pendidikan dan nonkependidikan melalui penalaran dan penelitian ilmiah berdasarkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif;

  2. Mengembangkan ilmu pengetahuan dan/atau teknologi di bidang keahliannya melalui penelitian ilmiah, yang disusun dalam bentuk tesis;

  3. Mempublikasikan hasil penelitian bidang keilmuannya pada jurnal ilmiah yang terakreditasi;

  4. Menyusun dan mengkomunikasikan ide dan argumen yang dapat dipertanggungjawabkan secara ilmiah dan etika akademik, melalui berbagai bentuk media kepada masyarakat terutama masyarakat akademik;

  5. Mendokumentasikan, menyimpan, mengaudit, mengamankan, dan menemukan kembali data hasil penelitian untuk keperluan penelitian lanjutan;

  6. Meningkatkan kapasitas pembelajaran mandiri;

  7. Mengembangkan dan memelihara jaringan kerja dengan kolega, sejawat di dalam lembaga dan komunitas penelitian yang lebih luas;

  8. Melaksanakan penelitian bidang keilmuannya berbasis peta penelitian, dengan pendekatan inter atau multi disipliner, baik secara mandiri maupun bekerja sama dengan lembaga lain;

  9. Mengidentifikasi bidang keilmuan obyek penelitiannya dan memposisikan ke dalam suatu peta penelitian.

Kompetensi Lulusan ProgramĀ Doktor

Lulusan Program Doktor diharapkan memiliki kompetensi sebagai berikut.

  1. Menemukan, dan memberikan kontribusi pada pengembangan, serta pengamalan ilmu pengetahuan dan/atau teknologi di bidang pendidikan dan non kependidikan melalui penalaran dan penelitian ilmiah berdasarkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif;

  2. Menemukan atau menciptakan ilmu pengetahuan dan/atau teknologi di bidang keahliannya melalui penelitian ilmiah dengan pendekatan inter, multi atau transdisipliner, yang disusun dalam bentuk disertasi;

  3. Mempublikasikan hasil penelitian di bidang keilmuannya pada jurnal ilmiah yang terakreditasi;

  4. Menyusun dan mengkomunikasikan pandangan kritis, argumen, dan solusi terhadap masalah/isu mutakhir di dalam masyarakat yang terkait bidang pendidikan dan nonkependidikan, yang dapat dipertanggung-jawabkan secara ilmiah dan etika akademik, melalui berbagai bentuk media kepada masyarakat;

  5. Mengembangkan penelitian bidang keilmuannya yang bermanfaat bagi pengembangan ilmu pengetahuan dan/atau teknologi, serta peningkatan kemaslahatan manusia dengan berbasis peta jalan penelitian, melalui pendekatan inter, multi, atau transdisipliner, baik secara mandiri maupun bekerjasama dengan lembaga lain;

  6. Memimpin tim kerja atau tim penelitian pada bidang keahlian/keilmuannya;

  7. Mendokumentasikan, menyimpan, mengaudit, mengamankan, dan menemukan kembali data hasil penelitian untuk keperluan penelitian lanjutan atau penelitian lain;

  8. Meningkatkan mutu sumber daya untuk pengembangan program strategis organisasi;

  9. Mengembangkan dan memelihara jaringan kerja dengan kolega, sejawat di dalam lembaga dan komunitas penelitian yang lebih luas;

  10. Meningkatkan kapasitas pembelajaran mandiri dan tim yang berada di bawah tanggungjawabnya;

  11. Menyusun peta jalan penelitian bidang bidang pendidikan dan non kependidikan melalui kajian kritis atas fakta, konsep, prinsip, dan teori.